Profile

Join date: Oct 17, 2022

About

10. Object Rekreasi Terbaik Di Magelang, Jawa tengah


Magelang sebagai salah satunya kota besar di Jawa tengah. Secara harfiah berada di tengah-tengah Jawa. Bisa diraih dari Yogyakarta, sekitaran 43 km ke utara. Atau alternative dari Semarang, sekitaran 75 km ke selatan. FYI, ibukota Jawa tengah ialah Semarang, bukan Magelang.


Bis ialah transportasi umum yang bisa Anda pakai untuk melancong ke Magelang, baik dari Yogyakarta atau Semarang. Dari Yogyakarta, ada dua terminal keberangkatan yang ada untuk Anda. Yaitu Terminal Giwangan untuk kelas usaha dan Terminal Jombor untuk kelas ekonomi. Biaya bis dari Terminal Giwangan sekitaran Rp 15.000 - Rp 20.000 dan dari Terminal Jombor sekitaran Rp 10.000. Perjalanan akan memerlukan waktu sekitaran 2 jam, berikut DYogya merekomendasikan objek wisata di magelang.


1. Berkunjung Air Terjun Sekar Langit

Ada legenda mengenai air terjun Sekar Langit ini. Legenda Jaka Tarub. Diceritakan saat beberapa bidadari sedang mandi di air terjun ini, seorang pria namanya Jaka Tarub mengambil selendang punya salah satunya bidadari. Hal tersebut membuat bidadari apes namanya Nawang Wulan tidak dapat kembali lagi ke surga. Karena itu bidadari itu tinggal di bumi dan menikah dengan Jaka Tarub.


Alam disekitaran air terjun tetap terlindungi secara baik. Di hari hujan, bakal ada limitasi untuk pengunjung untuk menghindar bahaya banjir. Tinggi air terjun sekitaran 30 mtr. dari permukaan.


Air terjun Sekar Langit berada di Dusun Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Harga ticket masuknya ialah Rp 4.000. Simak juga: Air Terjun di Indonesia.


2. Berkunjung Candi Pawon

Candi Pawon dibuat pada era kesembilan, sezaman dengan Candi Borobudur. Pembangunnya Dinasti Sailendra. Kuil itu diperhitungkan dibuat untuk pusara raja. Tesis ini datang dari nama candi. Pawon datang dari bahasa Jawa, Per-awu-an, maknanya lokasi yang memiliki kandungan debu. Bisa saja itu ialah debu raja yang dikremasi. Candi ini dikenal juga sebagai Bajranalan. Nama aka itu datang dari nama dusun tempat candi itu ada.


Karena arsitekturnya, periset mengeklaim Candi Pawon sebagai permata candi Jawa. Candi Pawon cuma memiliki jarak 1,75 km samping timur dari Candi Borobudur . Maka tidak begitu jauh. Yakinkan itu berada di daftar Anda. Berkunjung Candi Pawon tentu sebanding.


3. Berkunjung Candi Mendut

Candi Mendut dibuat pada era kesembilan oleh Dinasti Sailendra yang serupa. Candi ini cuma memiliki jarak 3 km samping timur dari Borobudur. Menariknya, Anda dapat menggambar garis lempeng imajiner dari Borobudur ke Mendut, dengan Pawon pas di tengah-tengahnya. Ini memperlihatkan harus ada jalinan keagamaan di antara candi-candi ini walau prosesnya masih mistis untuk beberapa periset.


Sepanjang ritus tahunan Waisak, umat Buddha jalan dari Mendut, melalui Pawon, dan usai di Borobudur. Orang Jawa yang berpedoman Kejawen, mistis tradisionil Jawa, kerap berdoa di sini untuk kemauan mereka seperti kemakmuran, kesehatan atau kekayaan. Berkunjung Candi Mendut ialah satu kewajiban untuk Anda sebagai penutup perjalanan Anda ke Borobudur.


4. Menyaksikan Matahari Keluar di Punthuk Setumbu

Tidak jauh dari Candi Borobudur yang berada di Dusun Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, ada sebuah bukit namanya Punthuk Setumbu di mana Anda dapat kagum pada panorama matahari keluar. Saat fajar menyingsing, kabut melayang-layang pada udara dengan background Gunung Merapi dan Merbabu. Alam yang betul-betul cantik.


Benar-benar gampang untuk mendapati Punthuk Setumbu. Dari Candi Borobudur, turuti saja panduan arah ke arah Punthuk Setumbu. Tidak boleh cemas. Anda tidak salah jalan. Anda akan berjumpa beberapa orang yang mengantre untuk menyaksikan matahari keluar di Punthuk Setumbu. Harga ticket masuknya Rp 15.000/orang.


5. Selfie di Kamera House

Tentu saja ini ialah spot instagramable yang harus kamu datangi. Rumah itu seperti camera DLSR. Anggota badan ialah rumah pemiliknya dan sisi lensa digunakan sebagai galeri seni. Pengunjung masuk rumah lewat sisi flash sementara penampilan dan model berperan sebagai jendela. Anehnya, pengunjung akan menyaksikan semakin banyak lukisan di dalam rumah ini dibanding photo. Lukisan-lukisan itu hebat cantik dengan beberapa detil. Rupanya pemiliknya ialah seorang pelukis eksper.


Tiap hari Minggu, pemiliknya mempersembahkan waktunya untuk mengajarkan siapa yang tiba ke tempat tinggalnya untuk belajar melukis. Banyak anak-anak disekitaran tempat tinggalnya belajar padanya. Rumah camera berada di dekat candi Borobudur. Jaraknya cuma 5 menit jalan kaki. Anda harus jalan lewat Jalan Bodrowati untuk menghindar kemacetan. Harga ticket masuknya benar-benar murah, cuma Rp 5.000. Saat Anda selfie di dalam rumah camera, beri gaya terbaik Anda ke dunia.


6. Selfie di Gereja Ayam

Gereja Ayam, atau Gereja Ayam, ialah sebuah gereja populer di Magelang. Awalannya, gereja ini dibuat berbentuk burung merpati dengan mahkota di kepalanya. Tetapi warga di tempat melihatnya sebagai ayam betina. Dari situlah nama Gereja Ayam berasal.


Bukan hanya untuk kepentingan beribadah, gedung ini kerap dipakai sebagai tempat terkenal untuk berpose pernikahan atau selfie. Gedung itu bahkan juga sempat ada di ajang film box office Indonesia, Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2). Gereja Ayam berada di Dusun Kembang Limus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Harga ticket masuknya Rp 15.000. Sempatkan diri Anda di sini. Selfie di gereja ayam bukan dosa.


7. Merendam di Pemandian Air Panas Pura Umbul

Jaman dulu, pemandian air panas ini cuma untuk beberapa putri. Air panasnya langsung dari mata air panas. Merendam di pemandian air panas bisa menentramkan pemikiran Anda. Belerang yang terdapat di air bisa menolong mengobati permasalahan kulit Anda. Walau demikian, airnya tidak bau. Ada pula pemandian air dengan temperatur biasa. Lokasinya lebih rendah dari pemandian air panas. Puing-puing Pura Umbul melingkari lokasi pemandian air ini.


Pemandian air panas pura Umbul bisa diketemukan di Dusun Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Harga ticket masuknya Rp 3.000.


8. Berkunjung Candi Borobudur

Ini ialah hal nomor satu yang perlu dilaksanakan saat Anda tiba ke Magelang. Borobudur ialah candi Buddha paling besar di dunia dan tercatat sebagai Situs Peninggalan Dunia oleh UNESCO. Borobudur dibuat pada era kesembilan oleh Dinasti Sailendra. Kuil ini mempunyai 504 patung Buddha dan kubah pusatnya dikitari oleh 72 stupa berlubang. Dalam tiap stupa ada patung Buddha sedang duduk bersila.


Berkunjung Candi Borobudur lumayan gampang. Anda dapat naik bis dari Terminal Magelang. Banyak bis tawarkan jalur disana ke Borobudur. Atau Anda dapat berkendaraan ke Yogyakarta dan Anda akan mendapati rambu-rambu jalan yang arahkan Anda ke Borobudur.


Harga ticket masuknya juga dapat dijangkau. Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 12.500 untuk anak-anak. Situs membuka start pukul 6.00 sampai 17.00


9. Berkunjung Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun ini ada di lereng gunung Merapi yang meledak di tahun 2010. Letusan itu membuat panorama disekitaran air terjun makin cantik. Batu-batuan besar menghias lokasi air terjun. Keelokan alamnya terbangun secara baik.


Air terjun Kedung Kayang ada 950 mtr. di permukaan laut dengan ketinggian sekitaran 40 mtr.. Monyet kerap kelihatan berkerubung di atas air terjun. Akses ke arah air terjun ini lumayan gampang. Dekat Ketep Pass, sekitaran 3 km.. Turuti saja rambu-rambu jalan. Jalannya terurus, pas untuk mobil atau sepeda. Di dekat air terjun, ada camping ground untuk pengunjung. Ini ialah gagasan yang bagus untuk habiskan malam di sini. Air terjun Kedung Kayang berada di Dusun Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Harga ticket masuknya Rp 5.000.


10. Berkunjung Ketep Pass

Ketep pass berada antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Ini sekitaran 1.200 mtr. di permukaan laut. Dari website ini Anda dapat menyaksikan panorama yang mengagumkan dari ke-2 gunung itu. Ini mempunyai bioskop kecil yang teratur memutar film dokumenter mengenai Gunung Merapi, teropong, warung makan dan Museum Vulkanologi. Panorama pemandangan disekitaran Ketep pass betul-betul mengagumkan.


Ketep pass berada di Dusun Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Harga ticket masuknya ialah Rp 7.500 untuk warga lokal dan Rp 39.000 untuk orang asing. Ini memberi hak pengunjung masuk ke bioskop, museum, memakai teropong dan minuman non alkohol.

Maverick Delwyn

More actions