Profile

Join date: Oct 29, 2022

About

10 Sajian Lebaran Ciri khas Turki Harus Kamu Cicip



Sajian lebaran ciri khas Turki menjadi satu diantara adat dalam menyongsong Hari Raya Idul Fitri yang paling dinanti. Banyak kulineran ciri khas Turki yang dihidangkan untuk menyongsong hadirnya hari kemenangan. Nach, bila kamu sedang merencanakan untuk habiskan waktu liburan lebaran di Turki, janganlah lupa untuk mencicip jejeran kulineran ciri khas Hari Raya Idul Fitri di bawah ini.


1. Baklava

Sajian lebaran ciri khas Turki yang pertama ialah Baklava. Baklava sebagai salah satunya hidangan Makanan Tradisional Daerah Turki yang terpopuler di dunia.


Hidangan ini ialah dessert manis yang dibuat dari kulit pastry. Tidak cuma dibikin dengan kulit pastry, baklava dikasih isian manis seperti kacang walnut atau pistachio yang dicincang, gula dan madu. Menariknya, baklava ini telah ada semenjak jaman dahulu sekitaran tahun 1922.


Baklava ini lebih banyak dihidangkan saat lebaran datang. Walau demikian, hidangan ini dikenali cukup sulit untuk dibikin karena bahan yang dipakai cukup bermacam. Cita-rasanya yang manis membuat baklava ini disukai oleh semua kelompok. Selainnya di Turki, baklava gampang diketemukan di beberapa negara Islam yang lain, seperti Syria, Irak dan Iran.


2. Lokum

Lokum sebagai salah satunya cemilan yang jadi sajian lebaran ciri khas Turki yang harus buat kamu coba. Cemilan ini mempunyai cita-rasa yang manis karena berua permen kuno yang telah ada semenjak era ke-18.


Lokum mempunyai struktur kenyal yang serupa dengan permen jelly dan umum diketahui dengan panggilan Turkish Delight. Permen ini dibuat berbahan gelatin, gula dan macam bahan yang lain sampai hasilnya kenyal seperti permen jelly. Menariknya kembali, lokum ini banyak memiliki variasi rasa, seperti lemon, jeruk, kayu manis, air mawar sampai mint. Penyuguhan lokum ini umumnya dikasih taburan gula bubuk.


3. Börek

Börek adalah kulineran ciri khas Turki yang kerap dijadikan salah satunya sajian lebaran ciri khas Turki yang cukup terkenal. Börek ini mempunyai cita-rasa yang renyah dengan macam isian yang paling mengunggah hasrat, seperti daging giling, bayam, sampai keju.


Umumnya Börek ini diproses dengan dipanggang, tetapi awalnya Börek ini direbusterlebih dulu. Saat sebelum disajikan, umumnya di bagian atas Börek ini diberi dengan biji wijen hitam.


4. Dolma

Sajian lebaran ciri khas Turki yang wajib buat dicicip selanjutnya ialah Dolma. Dolma sebagai hidangan berbentuk nasi yang dibuntel dengan daun anggur.


Hidangan ini mempunyai cita-rasa yang renyah dan nikmat dengan wewangian harum yang unik. Dolmak sendiri datang dari Bahasa Turki yang mempunyai makna suatu hal bahan makanan yang diisi. Sementara sayur yang umum dipakai untuk membikin dolma ini ialah terong, paprika, tomat, kol dan tentunya daun anggur. Sementara isian dari dolma ini ialah nasi dan daging yang dicincang. Dolam selanjutnya akan dikukus sampai masak saat sebelum disajikan.


5. Katmer

Katmer ialah sebuah sajian manis yang pas dicicipi sebagai sajian penutup. Hidangan ini mempunyai penampilan serupa baklava, perbedaannya katmer tidak memakai kulit pastry tetapi kulit tipis seperti yang umum dipakai untuk martabak.


Kulit katmer itu selanjutnya diisi cream, keju mascarpone, kacang pistachio cincang dan taburan gula pasir atau brown sugar. Katmer bisa juga dikasih macam tipe isian. Tidak cuma kacang pistachio, tetapi ada juga yang memakai pasta biji wijen dan pekmez atau gula tetes berbahan buah. KatmerTurkish Braed ini menjadi satu diantara sajian lebaran ciri khas Turki yang cukup terkenal.


6. Manisan Labu Turki

Sajian lebaran ciri khas Turki yang ini mempunyai nama Kabak Tatlisi atau yang dikenal juga dengan manisan labu ciri khas Turki. Hidangan ini termasuk jadi menu lebaran yang lebih enteng dan sehat karena tanpa kalori extra.


Untuk membikin hidangan ini juga lumayan gampang, yakni dengan menggunting labu fresh dan diberi dengan gula selanjutnya didiamkan sampai sepanjang malam sampai gula keluarkan air dalam labu untuk membikin sirup. Kemudian, labu yang sudah diberi gula dipanggang dan diberi kenari atau cream pada bagian atasnya.


7. Pide

Pide sebagai salah satunya kulineran ciri khas Turki yang cukup terkenal dan banyak disukai. Sajian lebaran ciri khas Turki yang ini dibikin dengan memakai adonan pastry susunan yang tipis, selanjutnya ditutup dengan topping seperti keju, telur, daging potong dadu, ayam atau tuna.


Hidangan ini diproses dengan dipanggang dalam oven batu dengan temperatur panas. Pide ini juga dikenal sebagai pizza ciri khas Turki. Di sejumlah restaurant, Pide ini umumnya dikasih tambahan cabai bubuk , minyak zaitun dan saos cuka anggur.


8. Kebab

Sajian lebaran ciri khas Turki yang ini tentunya tidak asing, yakni kebab. Kebab sebagai salah satunya sajian ciri khas Turki yang terbanyak diketemukan nyaris di penjuru dunia.


Kebab sebagai kulineran berbentuk daging sapi, ayam atau kambing yang diiris-iris tipis dari pemanggang vertikal yang berputar-putar, selanjutnya digulung dalam roti yang renyah. Tidak cuma dikasih isian daging, kebab dikasih isian tomat, bawang bombay, jamur, selada dan sauce sambal. Di Turki, kamu akan mendapati banyak penjual kebab kaki lima yang dapat diperoleh pada harga dapat dijangkau.


9. Kokoretsi

Kokoretsi menjadi satu diantara sajian Makanan Tradisional Bandung yang sangat sayang untuk dilewati demikian saja. Kokoretsi ini sebagai hidangan ciri khas Turki yang dibuat dari usus domba atau kambing yang dililit dengan dalaman. Dalaman yang dipakai berbentuk hati, jantung, ginjal dannpankreas domba atau kambing.


Proses pemrosesan kokoretsi ini dengan membakarnya di atas baranya api. Awalnya, kokoretsi ini diberi bumbu hati lemon, oregano, minyak zaitun, lada dan garam. Apabila sudah masak, kokoretsi langsung bisa dihidangkan di atas piring. Tidak itu saja, kokoretsi bisa juga dihidangkan sebagai sadwich memakai roti baguette.


10. Turkish Bread Pudding

Sajian lebaran ciri khas Turki yang paling akhir ialah Turkish Bread Pudding. Turkish Bread Pudding ini mempunyai nama yang cukup sulit, yakni Kaymakli Ekmek Kadayfi.


Sesuai namanya, hidangan ini dibuat dari roti yang disebut sajian harus untuk orang Turki. Turkish Bread Pudding ini dibikin dari potongan roti loas yang dipendam air panas lalu dihidangkan dengan sirup gula. Juga bisa dipertambah dengan cream atau es cream. Tidak cuma jadi sajian ciri khas lebaran saja, Turkish Bread Pudding ini menjadi satu diantara menu makan pagi yang nikmat untuk warga Turki. Tetapi, bila kamu sedang diet harus waspada ya karena hidangan ini banyak memiliki kalori dan rasanya benar-benar manis.

Shelly Graves

More actions